membuat website dengan wordpress page wordpress

Cara Membuat Halaman Statis atau Page WordPress

Sebenarnya dalam CMS WordPress ada dua cara untuk memposting konten ke website, yaitu dengan menggunakan Post dan Page. Bab sebelumnya kita telah membahas tentang cara membuat Post, selanjutnya yang akan kita bahas adalah bagimana cara membuat halaman statis atau Page WordPress.

membuat website dengan wordpress page wordpress

Namun sebelum kita lebih jauh masuk ke materi tutorialnya, mari kita lihat perbedaan dari Post dan Page serta kegunaan dari keduanya.

Perbedanaan Post dan Page WordPress

Kedua-duanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama berfungsi sebagai editor untuk membuat konten di WordPress.

Perbedaan dari keduanya adalah Post berfungsi menampilkan konten yang sifatnya time base, atau konten yang di posting berdasarkan waktu tertentu secara rutin.

Misal anda membuat artikel tentang “Hari Pertama Masuk Sekolah” selang sehari posting artikel lagi dengan judul “Hari Kedua Masuk Sekolah”, kemudian setelah seminggu posting baru lagi dengan judul “Setelah Seminggu Masuk Sekolah” dan seterusnya. Maka jika seperti ini, gunakan fitur Post pada WordPress.

Sedangkan Page atau Halaman lebih ke postingan konten yang sifatnya statis atau tetap. Misal yang sering dijumpai adalah halaman About Us (Tentang Kami), Terms Of Service, Privacy Policy, Halaman Register (Pendaftaran), Disclaimer serta halaman custom seperti Daftar Isi.

Selain itu, halaman statis bisa berdiri sendiri-sendiri dan atau bisa dikelompokkan masing-masing halamannya dengan metode subpage, sebaliknya Post secara default biasanya dikelompokkan menggunakan kategori, waktu posting dan author/penulis.

Pengelompokan Post menggunakan tag dan kategori serta metode subpage akan kita bahas pada bab lain.

Tidak adanya pilihan category dan tag pada widget editor Page digantikan oleh Page Attributes.

post page widget wordpress

Dari documentation wordpress, “Pages can use different page templates, including template files, Template Tags and other PHP code.”

Salah satu fitur WordPress yang saya suka, kita bisa membuat sendiri template page dengan membuat file template menggunakan pemrograman PHP, yang tentunya tidak akan kita bahas disini.

Langkah-langkah Membuat Halaman Statis atau Page WordPress

Langkah pertama klik sidebar menu Page kemudian Add New atau pada wpadmin toolbar klik New Kemudian Page. Berikut tampilan editor pada Page WordPress

add new page wordpress

  • Nomor 1 adalah Kolom judul Page, tulis judul anda disini.
  • Nomor 2 adalah Textarea konten, tulis konten anda disini.
  • Nomor 3 adalah tombol publish, jika selesai maka klik Publish.

Cek Apakah Halaman Berhasil Dipublish

Halaman Page tidak akan muncul di homepage secara otomatis seperti halnya Post.

Setelah selesai menuliskan konten dan mengklik tombol Publish, maka akan muncul pemberitahuan, Page published!

notifikasi page published wordpress

klik link View page untuk melihat hasil Page yang telah anda buat.

Atau, klik pada sidebar menu Page kemudian All Page akan mucul list semua page yang pernah dibuat. Arahkan cursor pada judul Page, maka dibawahnya akan muncul link view klik untuk melihat tampilan Page.

all page wordpress

Demikian tutorial cara membuat halaman statis atau Page di WordPress, untuk melengkapi tutorial ini silahkan baca tutorial lanjutan seputar Page yang akan saya buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *